Desa Banyubesi Tragah, Bangkalan



Banyubesi adalah sebuah desa kecil yang masih asri dan makmur yang terletak di kecamatan tragah Kabupaten Bangkalan Madura yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Sumber peghasilan peduduk banyubesi berasal dari hasil tanaman bumi seperti beras, jagung, kacang panjang dan lain-lain.

Menurut penduduk desa, sejarah dari Desa Banyubesi yaitu diambil dari kata bahasa jawa banyu (air) dan kata "besi" yang memiliki arti bersih yang berarti air bersih. Sesuai dengan namanya, keadaan air di Desa Banyubesih jernih dan bersih yang merupakan salah satu alasan mengapa Desa Banyubesih adalah desa yang makmur. Penduduk Desa Banyubesi juga ramah dan saling peduli terhadap tetangga sekitar dan orang lain.

Selain itu, di sebelah barat, Desa Banyubesi berbatasan dengan desa pamorah, dari arah utara desa banyubesi berbatsan dengan Desa Jaddung, sedangkan dari arah selatan, Desa Banyubesi berbatasan dengan Desa Tragah yang sekaligus menjadi kecamatan bagi Desa Banyubesi. Desa Banyubesi memiliki 3 dusun, yaitu; Dusun Lenggung, Dusun Deringan dan Dusun Bidjenan. Masyarakat di desa Banyubesi tidak kesulitan untuk memperoleh akses air bersih karena letak desa yang dekat dengan sumber Mata Air Pocong yang terletak di Desa Pocong, Kecamatan Tragah, Bangkalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Produk Unggulan Donat dan Stik Dari Olahan Singkong

Mengajar di SD dan TK di Desa Banyubesih

Pengajian Bergilir di Desa Banyubesih