Sosialisasi Produk Unggulan Donat dan Stik Dari Olahan Singkong




Program kerja sosialisasi Produk Unggulan donat singkong dan stik singkong merupakan produk unggulan Abdimas 37 UTM. Saat kegiatan berlangsung, antusias Lansia/peserta kegiatan sangat baik. Banyak lansia yang antusias mengikuti sosialisasi bersama ibu-ibu PKK dan perangkat desa menilai produk yang ditawarkan sangat bagus bahkan mereka ingin memproduksi sendiri untuk usaha rumahan mereka. Donat singkong dan stik singkong merupakan produk yang inovatif dan memiliki rasa yang enak dengan kemasan yang menarik perhatian masyarakat.



Pada saat sosialisasi berlangsung, pemateri menyampaikan secara detail disertai praktek langsung dengan ibu-ibu lansia, ibu-ibu PKK, serta perangkat desa dalam kegiatan proses pembuatan donat singkong dan stik singkong. Alat yang digunakan untuk pembuatan stik Singkong atau "STIPO" yaitu penggorengan pisau dan bleder. Sedangkan untuk bahan dan langkah-langkah pembuatannya yaitu singkong, minyak goreng, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, daun jeruk.
Cara pembuatan           :
1.      Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.      Potong-potong singkong menjadi seperti stik.
3.      Rendam singkong dengan air garam selama 1 jam.
4.      Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemudian blender.
5.      Goreng singkong yang telah di rendam air garam sampai renyah kemudian tiriskan.
6.      Tumis bumbu-bumbu yang telah di blender, kemudian masukkan gula merah, garam, dan irisan daun jeruk.
7.      Setelah bumbu masak, masukkan singkong goreng kemudian aduh rata.
8.      Diamkan stik singkong yang telah dibumbui hingga dingin.

9.      Kemas di dalam standing pouch.
 Lalu bahan yang diperlukan untuk donat singkong yaitu tepung segitiga biru 1 kg, singkong ½ kg, gula halus 300 gram, susu bubuk 3 sdm, air dingin secukupnya, fermipan 1 bungkus, SP 1 sdm, soda kue 1 sdm, margarin 150 gram, minyak goreng, telur 4 butir, garam, coklat leleh, meises dan alat yang dibutuhkan adalah penggorengan, sumpit kayu, baskom, spatula. 
Cara pembuatan           :
1.      Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan singkong halus, aduk sampai rata.
2.      Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit.
3.      Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera. Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
4.      Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
5.      Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, atau aneka toping lainnya. 
         Kegiatan ini memberikan manfaat bagi ibu-ibu lansia maupun ibu-ibu PKK dalam hal bagaimana berinovasi produk, pengemasan agar produk lebih menarik, dan bagaimana teknik pemasaran yang tepat khususnya diera digital seperti sekarang ini.
Sehingga harapannya bagi masyarakat khususnya ibu-ibu PKK dan ibu-ibu lansia mendapatkan ide produk baru yang memiliki nilai jual tinggi yaitu donat singkong dan stik singkong. Selain itu mereka juga dapat meningkatkan daya jual olahan singkong khas desa Banyubesih yang selama ini masih dengan kemasan sederhana.

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengajar di SD dan TK di Desa Banyubesih

Pengajian Bergilir di Desa Banyubesih